macam-macam routing

Menurut apa yang saya dapat hari ini, proses routing atau dasar routing bisa dibagi dua yaitu routing langsung dan tidak langsung, seperti apa yang akan kita bahas di bawah ini.

  • Routing Langsung 
          Pada proses ini, pengiriman datagram dari satu host ke host tujuan pada tabel routing tidak perlu melalui host lain. Atau dengan kata lain, datagram dapat dikirim langsung ke host tujuan. Dan itu tergantung dari tabel routing yang ingin kita gunakan.Cara ini cukup dengan kita memasukkan IP address host tujuan beserta ethernet address (mac address) nya.

  • Routing tidak Langsung
          Lain halnya dengan routing secara langsung, pada proses ini agak berbeda karena kita perlu melewati host lain sebelum sampai ke host tujuan. Begitupula dengan tabel routingnya kita perlu memasukkan network address, subnet mask, beserta gateway( jalur-jalur yang bisa kita lewati).


 Penjelasan





                                                      Gambar 1. routing tidak langsung


Pada gambar diatas terlihat bahwa host osiris dan host anibis terletak pada jaringan yang ethernet berbeda. Kedua jaringan tersebut dihubungkan oleh host Khensu. Host khensu memiliki lebih dari satu interface dan dapat melewatkan datagram dari satu interface ke interface lain (bertindak sebagai router). ketika mengirimkan data ke host anubis, osiris memeriksa tabel routing dan mengetahui bahwa data tersebut harus melewati host khensu terlebih dahulu. dengan kondisi seperti ini datagram yang dikirim host osiris ke host anubis memiliki alamat tujuan IP address host anubis dan alamat sumber IP address host osiris tetapi frame ethernet yang dikirimknya diberi alamat tujuan MAC address host khensu dan alamat sember MAC address host osiris.








                                   Gambar 2. routing langsung


0 Response to "macam-macam routing"

Posting Komentar

lia. Diberdayakan oleh Blogger.

kursor

Free Banana Dancing ani Cursors at www.totallyfreecursors.com
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme