test formatif 2


Test formatif 2

1)     Mengapa hardware/device jaringan, walaupun sudah diinstal/dipasang tetapi jarinagn computer belum bisa difungsikan?

2)     Mengapa computer harus diberikan nama, dan namanya harus unik?

3)     Bagaimanakah cara memberikan IP Address terhadap computer tertentu dalam jaringan?

4)     Apakah DHCP itu? Untuk fungsinya? Dan bagaimanakah cara kerjanya?

5)     Bagaimana cara kita menguji jaringan, untuk melihat apakah computer sudah terhubung dengan jaringan ataukah belum?


Kunci jawaban:

1)     Karena hardware tersebut perlu dikonfigurasikan. Demikian juga untuk dapat saling berkomunikasi computer butuh protocol. Sebelum semuanya diinstall dan dikonfigurasi jaringan belum akan berfungsi.

2)     Computer harus diberi nama supaya dapat dikenali oleh computer lain dalam satu groupnya(jaringan). Nama harus unik(berbeda dengan yang lain) hal ini untuk menghindari adanya kesalahan identifikasi, supaya tidak salah kirim, atau salah terima data dari computer lain.

3)     Ada dua cara untuk memberikan IP address. Pertama dengan cara manual. IP address dan subnet akan diisikan secara manual ke dalam kotak dialog. Kedua denagn menggunakan DHCP. DHCP akan membarikan IP address secara otomatis pada computer yang menggunakan TCP/IP.

4)     DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah suatu protocol jaringan yang berfungsi untuk mendistribusikan IP pada jaringan secara otomatis. DHCP bekerja dengan relasi client-server, dimana DHCP server menyediakan kelompok IP address  yang dapat diberikan kepada DHCP client. Dalam memberikan IP address ini, DHCP hanya meminjamkan IP address tersebut. Jadi pemberian IP address ini berlangsung secara dinamis.

5)     Untuk mendeteksi apakah hubungan computer dengan jaringan sudah berjalan dengan baik, dapat menggunakan utilitas ping. Contoh: ada dua buah computer yang kita setting dalam jaringan. Computer 1 kita set dengan alamat IP 202.159.0.1 dan computer 2 kita set dengan IP 202.159.0.2. kita dapat melakukan test ping dalam mode DOS. Misalkan dari computer 1 ktik “PING 202.159.0.2”. jika respon yang kita dapat adalah:

Reply from 202.159.0.2: bytes=time32<10ms TTL=32

Reply from 202.159.0.2: bytes=time32<10ms TTL=32

Reply from 202.159.0.2: bytes=time32<10ms TTL=32

Reply from 202.159.0.2: bytes=time32<10ms TTL=32


Berarti koneksi jaringan sudah benar. Respon lain selain contoh di atas diartikan bahwa jaringan belum bekerja dengan benar.

3 Response to "test formatif 2"

  1. thx sist.....

    Unknown says:

    terimakasih.. ini sangat membantu (y)

    urntukulo says:

    terbaik ini min, makasih sudah share...
    solder uap

Posting Komentar

lia. Diberdayakan oleh Blogger.

kursor

Free Banana Dancing ani Cursors at www.totallyfreecursors.com
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme