Enkapsulasi HDLC

Enkapsulasi HDLC (High-Level Data Link Control)

Pada umumnya, komunikasi serial berdasarkan protocol character oriented. Protokol bit oriented lebih efisien tetapi mereka juga proprietary. Pada tahun 1979, ISO menyetujui HDLC sebagai standar untuk protokol bit oriented pada data link layer yang mengengkapsulasi data pada synchrorous serial data link. Sejak 1981, ITU-T telah mengembangkan berbagai seri dari pengembangan HDLC.
Beberapa contoh dati protokol tersebut adalah:
  • Link Access Procedure, Balanced (LAPB) untuk X.25
  • Link Access Procedure on the D channel (LAPD) untuk ISDN
  • Link Access Procedure for Modem 
  • Link Access for Frame Relay (LAPF) untuk Frame Relay.
HDLC menggunakan transmisi serial synchrorous yang menyediakan komunikasi bebas error diantara 2 titik. HDLC menjelaskan setruktur frame layer 2 yang memperbolehkan flow control dan error control menggunakan acknowledgment dan windowing scheme. Setiap freme memiliki format yang sama, baik frame data atau control.
Pada router merk tertentu, HDLC yang digunakan merupakan proprietary sendiri. HDLC menggunakan sebuah field proprietary. Field memungkinkan beberapa network alyer protocol untuk berbagi jalur serial yang sama. HDLC merupakan default layer 2 protocol untuk interface serial.
HDLC memepunyai tiga tipe frame, dimana setiap frame memeiliki format yang berbeda yaitu:
  • Information frame (I-frames), memebawa data untuk dikirimkan. Menambahkan flow dan error control, dimana data mungkin minta dikirimkan ulang (piggyback).
  • Supervisory frame (S-frames), menyediakan mekanisme request dan respond ketika piggybacking tidak digunakan.
  • Unnumbered frames (U-frames), menyediakan tambahan fungsi pengontrolan jalur seperti setup koneksi dll.
Satu atau 2 bit pertama dari field control mengidentifikasikan tipe frame. Pada field control dari I-frames, dan send-sequence number menunjuk pada number frame yang di kirimkan selanjutnya. Receive-sequence number menunjuk nomr dari frame yang diterima selanjutnya. Kedua pengirim dan penerima memelihara send dan receive sequence number.
HDLC dapat digunakan untuk protokol point-to-point yang dapat digunakan pada leased line diantara dua perangkat dengan merk sejenis. Ketika berkomunikasi dengan perangkat dengan merk yang lain maka dapat menggunakan PPP(Point to Point Protocol).

1 Response to "Enkapsulasi HDLC"

  1. urntukulo says:

    manteb nih min, makasih sudah share...
    http://cody.id/produk/blower/solder-uap-cody-909d-2/

Posting Komentar

lia. Diberdayakan oleh Blogger.

kursor

Free Banana Dancing ani Cursors at www.totallyfreecursors.com
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme